Monday, July 17, 2017

Beautiful Imperfection

"Postingan kali ini ts pengen berbagi hasil pertapaan ts tentang alasan untuk bersyukur atas kekurangan, dan ts kali  ini bakal nunjukin secara ilmiah :3"
(Let's be grateful with our imperfection in scientific way!!!)
Manusia memiliki kekurangan, entah itu secara fisik atau mental; sejak lahir atau akibat dari suatu kejadian. Pada postingan kali ini, dalam pertapaan malam hari ts di youtube selama beberapa minggu akibat insomnia, ts menemukan sebuah video di channel SmarterEveryDay  yang berjudul "YOU WON'T BELIEVE YOUR EYES." Karena video ini mata ts terbuka lebar tentang tak perlu bersedih hati oleh kekurangan yang kita miliki.

Oke, video ini sebenernya adalah video percobaan ilmiah tentang kecepatan respon sistem pengelihatan manusia. Namun, apa yang ngebuat video ini spesial? Percobaan ilmiah ini dimulai dengan si om bule (host channel SmarterEveryDay) nunjukin sebuah alat,


Mungkin ada yang bertanya, "Apaan tuh?!?"

Cara kerja alat ini adalah dengan memanfaatkan cahaya dari segaris lampu LED yang sudah diatur sedemikian rupa, gerakan berputar kayak kipas angin, dan kelambatan respon pengelihatan manusia.

"What?!? kelambatan respon pengelihatan?!?" (gak usah lebay juga kali)

Coba lihat gambar di bawah ketika lampu LED dinyalakan dan mulai dibuat berputar dengan cepat:




Secara ilmiah dijelasin, ini karena otak butuh beberapa waktu untuk memproses gambar yang diterima sehingga objek yang bergerak cepat keliatan nge-blur dilihat.

(pola respon pengelihatan manusia)
So, karena kekurangan pada pengelihatan manusia inilah yang akhirnya menjadikan segaris lampu LED yang diputar bisa tampak indah. Coba kita lihat foto berikut ini dengan beberapa perbandingan kecepatan respon pengelihatan:

(Nb: angka 0, 20, 40, 60 itu nunjukin waktu respon dengan ukuran milisecond)
Dari waktu respon yang paling cepet (0 milisecond) sampek yang paling lambat (60 milisecond) bisa kita tahu sendiri mana yang kelihatan lebih jelas dan bagus. Coba aja manusia punya respon pengelihatan yang cepet pasti yang bisa dilihat cuma garis warna-warni muter-muter.

Kekurangan memang tercipta berdampingan bersama kelebihan, tapi bukan berarti kekurangan itu tak memiliki makna atau bahkan gak bermanfaat sama sekali, tinggal kita yang mau atau enggak mengambil hikmahnya. Seperti manusia itu pelupa, itu agar manusia tidak mengingat dendamnya; manusia itu kadang berbuat salah, itu agar mau berusaha untuk belajar.

Terlepas kalian udah paham atau masih kurang jelas dengan keterangan ts ini, ts tetep recommended banget untuk ngelihat langsung videonya biar lebih ngeh...
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=_FlV6pgwlrk

Nb: and at the last, sorry kalau ada salah ketik, penyampaian yang salah, or salah ngasih info. Kalo memang ada or pengen say something to ts tentang postingan ini silahkan komentar CMIIW.
Postingan Tanggal | 1 comment

1 comment:

  1. TRADING ONLINE
    BROKER AMAN TERPERCAYA
    PENARIKAN PALING TERCEPAT
    - Min Deposit 50K
    - Bonus Deposit 10%** T&C Applied
    - Bonus Referral 1% dari hasil profit tanpa turnover

    Daftarkan diri Anda sekarang juga di www.hashtagoption.com

    ReplyDelete