Tuesday, March 8, 2016

Grup Kecil Bernama Trekker

"Trekker, sebuah geng kecil yang suka jalan-jalan gak jelas dengan pendirinya mayoritas para jomblo" 

Grup ini udah ada semenjak ts masih SMP yaitu sekitar tahun 2013. Sebenernya masih ada pro dan kontra tentang awal mula kebentuknya grup ini. Dikarenakan data yang kurang jelas dan kesaksian tiap sesepuh di geng ini selalu beda-beda (btw ts juga masuk kedalam jajaran dewan sesepuh di Trekker). Jadi setelah penelitian yang cukup panjang akhirnya ts menemukan sebuah kesimpulan yang bakal ts jelasin saat ini.

Awalnya di SMP ts banyak temen-temen yang pada sering main dan jalan-jalan bareng. Gak mau ketinggalan kayak yang  lain, temen-temen se-geng di kelas ts pun akhirnya juga mutusin untuk kumpul bareng terus jalan-jalan. Bedanya dari grup lain adalah kita gak pernah ngajak satupun cewek waktu jalan-jalan karena sudah menjadi kesepakatan untuk menghargai para member yang mayoritas adalah jomblo :3


Grup ts waktu itu bernama X Treme X Pedition sebuah grup jalan-jalan bermerk pertama di sekolah ts. Ketua dari grup ini pun gak selalu tetap, pokoknya dia tahu jalan atau dia berpengalaman di medan yang kita lalui waktu itu maka dialah pemimpin regu saat itu. Hal unik lain dari geng jalan-jalan ts dkk ini adalah kalau gak jalan kaki kita selalu make sepedah kalo pergi kemana-mana. Jadi yang namanya kendaraan bermotor itu gak ada di daftar kita. 

Banyak hal gila yang ts dan kawan-kawan lakuin dalam perjalanan. Mulai dari saat-saat foto-foto bareng lebih banyak ngehabisin waktu daripada perjalanannya. Atau keliling-keliling desa sampek nyasar dengan prinsip "Nyasar gak apapa yang penting masih di desa sendiri" :v

Hingga suatu hari entah bagaimana grup ini berubah nama menjadi Trekker. Usut punya usut ternyata sebenarnya Trekker adalah nama dari grup jalan-jalan kelas sebelah. Grup ini memiliki prinsip yang sama kayak X Treme X Pedition yaitu anti bawa cewek. Namun karena anggota Trekker masih satu geng sama anggota X Treme X Pedition dan juga didukung oleh hubungan bilateral yang sangat baik hingga tanpa kita sadari kita sering main bareng. Sampai akhirnya pun X Treme X Pedition berbaur menjadi Trekker. Sebenernya ada alasan lain juga sih kenapa bisa berbaur yaitu nama X Treme X Pedition dianggap kepanjangan jadi ts dkk lebih ngikut ngebaur sama Trekker deh yang namanya lebih mudah disebut. Jadi kesimpulannya Trekker yang saat ini adalah hasil peleburan dari dua grup jalan-jalan yaitu X Treme X Pedition dan Trekker itu sendiri.

Akhirnya setelah mungkin kalo diitung-itung sekitar 4 tahun grup ini berdiri, anggota dari Trekker bukan cuman temen sekelas atau tetangga kelas ataupun se-SMP ts lagi namun juga dari sekolah lain yang berbeda-beda. Bukan itu aja ts dkk pun juga mengekspansi jangkauan wilayah penjelajahan buat jalan-jalan. Paling jauh sih sampai ke kabupaten tetangga. Yep, itu semua didukung oleh alat transportasi (udah SMA ortu dah ngijinin naik motor), ditambah lagi kita udah agak gedean ngebuat ortu gak terlalu khawatir kalo kita main agak jauh. Memang sih jangkauan kami jalan-jalan itu masih bisa dibilang keliling-keliling rumah sendiri. Tapi emang sebenernya salah satu mimpi dari Trekker adalah mengeksplorasi rumah sendiri dulu yaitu kabupaten ts tercinta Banyuwangi. Seperti kata bijak "kenalilah rumahmu sendiri sebelum masuk ke rumah tetangga" (entah itu kata bijak dari mana ts ngarang sendiri tapi kalo misal sebelumnya udah ada berarti pemikirin ts sejalan sama pencipta nih quotes). Meskipun mimpi kita adalah untuk kenal sama rumah kita sendiri lebih dulu bukan berarti kita gak mau keliling lebih jauh lagi. Sebenernya ada rencana untuk main ke luar kota namun ya sampai sekarang itu masih jadi rencana.

Kalo diinget-inget kebelakang sebenernya sih lucu juga. Nginget-nginget dulu waktu naik gunung tanpa persiapan cuma pake sandal jepit bahkan ts dkk baru tahu kalo bakalan naik gunung waktu udah ngayuh sepedah jauh-jauh dan baru sampe di tempat tujuan :3. Trus gara-gara itu ts kecapean banget sampe typhus kumat trus masuk rumah sakit seminggu. Itupun temen-temen ts gak ada yang ngejenguk sama sekali :'( .

Ada juga perjalanan gila waktu ts dkk masuk ke hutan, rencananya sih mau ke pantai indah tersembunyi yang ada di sana (orang native kayak ts nyebutnya Pantai Plengkung turis nyebutnya G-Land) tapi ada tapinya :3 . Sebenernya untuk kesana mulai dari Pos Pancur kita gak boleh pake kendaraan pribadi karena jalannya yang edan dan masih banyak hewan liar yang sering muncul jadi diharuskan pake kendaraan petugas pengelola taman nasional sekaligus juga harus dipandu. Tapi karena emang kitanya yang sableng gak mau keluar duit akhirnya jalan deh kita ngelewatin hutan sejauh 7-8 km. Ts gak tau jarak pastinya seberapa karena disana banyak plang yang ngasih keterangan beda-beda tentang jarak dari Pos Pancur ke pantai G-Land ada yang 7, 8, bahkan 9 km :3 . Kalo pagi atau siang gitu kita berangkanya sih masih mending, kita berangkat waktu subuh... matahari aja belum nongol. Ditambah temen ts yang dipercaya jadi pemandu jalan ternyata juga gak bisa terlalu diandelin karena terakhir dia kesana waktu masih kecil :3 Tapi itu semua terbayar lunas bahkan sampe lebih-lebih sama indahnya tempat yang kita tuju (Little Piece Of Heaven).

Ya sebenernya masih banyak kisah unik, gila, aneh, nyeleneh, dan ah sudahlah yang ts dan temen-temen ts alami selama bergabung di Trekker. Kalo sempet ts bakal ceritain itu semua (Insyaallah). Yah... satu harapan ts semoga grup ini gak bakalan pernah mati. Trekker never dies...!!! :v

7 comments:

  1. yang penting positif dan bisa jaga diri n ortu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tenang aja kami bukan anak alay yang suka aksi vandalisme :D

      Delete
  2. Replies
    1. Inngih pak terimakasih masukannya, tenang saya dan temen-temen kalau mau keluar pasti ijin orang tua, beberapa bulan kemarin temen-temen trekker yang ikut pecinta alam juga ikut acara penanaman pohon, sama bersih-bersih sampah di daerah wisata

      Delete